Sabtu, 03 Desember 2011

contoh RPP Bahasa Inggris kelas VII SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah              : SMPN 1 PACIRAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII  C (Tujuh) / 1
Standar Kompetensi   : 5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar        : 5.2 merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, teratur dan berterima yang berkaitan dengan ingkungan terdekat
Jenis teks                      : transactional/interppersonal
Tema                            : home sweet home
Aspek/Skill                   : membaca dan menggambarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 4x pertemuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Tanya jawab tentang nama nama-nama benda dalam  rumah dan bagian-bagian rumah
b.      Melengkapi keterangan yang ada dalam  gambar home sweet home
c.       Menjawab pertanyaan tentang home sweet home
d.      Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan keterangan dalam gambar  sebuah ruangan

v     Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Teks fungsional pendek
b.      Menjelaskan benda-benda yang ada dalam  ruangan
·      Tanya jawab tentang perabotan rumah tangga
·      Tanya jawab tentang benda-benda berdasarkan gambar
·      Mencocokan nama sebuah benda atau tempat dengan kegunaanya


3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique
4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·        Tanya jawab tentang gambar-gambar
·        Tanya jawab tentang benda-benda dalam rumah
Motivasi :
·        menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

b.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
F     Menyebutkan benda-benda dalam bahasa Inggris secara lisan
F     Melakukan game tentang gambar yang ada dalam rumah
F     Menceritakan kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar secara lisan
F     Mendengarkan penjelasan guru dalam grammar practice dan mengaplikasikannya secara lisan
F     Menjelaskan gambar mengenai kegiatan sehari-hari secara lisan berdasarkan gambar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar